Kredit tanpa agunan MANDIRI
KTA MANDIRI

KREDIT TANPA AGUNAN (KTA) BANK MANDIRI, APA SYARATNYA?

Posted on

Pinjaman Bank secara garis besar sebenarnya dibagi menjadi dua dari segi ada atau tidaknya jaminan yaitu pinjaman kredit tanpa agunan dan pinjaman tunai dengan jaminan seperti gadai BPKB Motor, Pinjaman uang jaminan sertifikat rumah serta aset berharga lainnya.

Diantara kedua jenis pinjaman uang tersebut, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing – masing. Pinjaman tunai dengan agunan aset kepemillikan memiliki kelebihan berupa  bunga yang lebih rendah daripada program KTA. Sementara kredit tanpa agunan biasanya mensyaraatkan anda mencapai gaji minimum sekitar Rp. 3 juta tanpa jaminan apapun.

KTA atau kredit tanpa agunan disediakan oleh hampir semua bank seperti Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, Cimb Niaga dan bank – bank lainnya. Salah satu bank yang menyediakan pinjaman jenis Kredit tanpa Agunan (KTA) adalah bank mandiri. Terdepat beberapa jenis mandiri KTA, KTA Mandiri Reguler, KTA Mandiri Payroll.

Sebelum anda mengajukan pinjaman KTA, ada baiknya anda mempertimbankan bunga pinjamanb bank mandiri serta melihat pada tabel KTA Mandiri atau simulasi KTA Mandiri. Anda juga bisa menggunakan layanan KTA Mandiri Online yang dapat anda akese disitus resmi bank mandiri. 

Kredit Tanpa Agunan Bank Mandiri

Dalam meningkatkan pelayanannya, bank Mandiri juga menyediakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan  Mandiri (KTA Mandiri 2018). Fasilitas ini dapat anda gunakan untuk melakukan pinjaman, tanpa harus menyerahkan barang berharga yang anda miliki sebagai jaminan. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi, karena bank Mandiri hanya akan meminta berbagai persyaratan pinjaman yang cukup mudah untuk dipenuhi. Persyaratan tersebut biasanya terdiri dari bukti identitas diri dan segala catatan finansial yang anda miliki, catatan finansial atau bahkan catatan kredit tersebut digunakan oleh pihak bank untuk mempertimbangkan pemberian pinjaman tunai tanpa jaminan.

Pinjaman tanpa agunan bank Mandiri ini, dapat anda pergunakan untuk segala macam keperluan seperti pembiayaan pembangunan rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan, dan biaya lainnya. Besar dana yang dapat dipinjam cukup besar, yakni mulai dari Rp 5 juta sampai dengan Rp 200 juta. Sedangkan lama tenor yang dapat anda pilih mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 30 bulan, dan 36 bulan. Namun, apabila anda memilih KTA Mandiri Payroll, jangka waktu tenor yang diberikan akan lebih panjang yakni mencapai 60 bulan. Sedangkan untuk suku bunga, anda akan dikenai bunga sebesar 2% hingga 3% dari jumlah limit seluruh pinjaman tunai tanpa agunan anda.  

Perlu anda ketahui, bahwa system dari bunga yangdigunakan merupakan system model atau bentuk floating. Sedangkan untuk metode atau cara pembayaran pinjaman atau cicilan atau angsuran, dapat dilakukan secara mudah yakni menggunakan kerja auto debet yang setorannya diambil dari rekening giro atau rekening tabungan yang anda miliki. Namun apabila anda melakukan pelunasan lebih awal dari jangka waktu yang telah disepakati, anda akan dikenai bunga tambahan sebagai penutup kredit sebesar 5% dari sisa kredit anda saat akan melakukan pelunasan tersebut.

Syarat Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan dari Bank Mandiri

Untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan yang ditawarkan oleh bank Mandiri ini, anda harus memnuhi beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar anda tidak bolak-balik menyiapkan persyaratan lain, apabila suatu saat terdapat persyaratan yang kurang. Semakin lengkap persyaratan, semkain cepat pula proses penyetujuan dari pihak bank Mandiri. Sehingga kelengkapan persyaratan ini, juga menentuka lama dari proses pencairan pinjaman dana yang anda ajukan. Berikut persyaratan yang harus anda lengkapi saat melakukan pengajuan atau permohonan pinjaman.

  • Berstatus Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)

Salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dari bank Mandiri ini adalah berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dengan menunjukkan bukti identitas diri berupa KTP. Selain itu, anda juga harus berdomisili di Indonesia sebagai syarat lainnya. Hal ini dikarenakan KTA dari bank Mandiri memang ditujukan untuk membantu Warga Negara Indonesia dalam menyelesaikan masalah finansialnya, serta meningkatkan pelayanannya melalui produk pinjaman tanpa jaminan tersebut.

  • Batas Usia Debitur

Untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan dari bank Mandiri ini, minimal usia anda adalah 21 tahun. Pada usia tersebut dianggap bahwa seseorang sedang dalam masa produktif, sehingga calaon debitur mampu untuk melakukan pembayaran angsuran secara rutin setiap bulan. Sedangkan batas usia maksimal untuk calon debitur adalah 55 tahun saat pelunasan, dimana pada usia tersebut dianggap seseorang sudah mulai berkurang produktifnya. Selain itu, pada usia tersebut biasanya seseorang mulai dalam masa pensiun.

  • Memiliki Pekerjaan Tetap

Syarat lain dari pinjaman tanpa jaminan yang ditawarkan oleh bank Mandiri ini adalah mempunyai pekerjaan tetap, baik sebagai karyawan atau usaha sendiri. Pekerjaan yang tetap merupakan salah satu cara bank untuk menentukan, apakah anda layak untuk menerima pinjaman atau tidak. Selain itu, pihak bank juga memastikan pekerjaan tetap ini sebagai kesanggupan dari calon nasabah untuk membayar angsuran atau cicilan setiap bulan. Karena angsuran biasanya dilakukan setiap bulan, sehingga minimal anda menerima penghasilan setiap kali waktunya membayar angsuran.

  • Mempunyai Penghasilan Tetap Setiap Bulan

Untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan dari bank Mandiri ini, anda harus memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya. Terdapat syarat minimal penghasilan untuk melakukan pengajuan pinjaman, yakni minimal sebesar Rp 2,5 juta setiap bulan apabila anda merupakan nasabah dari rekening bank Mandiri jenis payroll. Namun bagi anda yang menggunakan rekening bank Mandiri jenis non payroll, minimal penghasilan yang harus anda terima setiap bulan adalah sebesar Rp 3 juta.

  • Batas Limit Kartu Kredit

Sebelum mengajukan kredit tanpa agunan bank Mandiri, pastikan anda memnuhi persyaratan lain berupa batas minimal dari kartu kredit yang anda gunakan sebesar 5 kali dari penghasilan anda. Tentunya juga, anda harus memiliki kartu kredit sebagai persyaratan pengajuan pinjaman. Jumlah limit kartu kredit haruslah sesuai dengan persyaratan minimal peminjaman, karena akan mempengaruhi pertimbangan dari pihak bank Mandiri. Batas minimal limit dari kartu kredit mulai dari Rp 5 juta sampai dengan Rp 200 juta, anda bisa menghitung sendiri 5 kali penghasilan anda.

  • Mengisi Semua Data yang Diperlukan dalam Formulir

Tentunya dalam melakukan pengajuan kredit tanpa agunan Mandiri, anda memerlukan formulir yang harus diisi sesuai dengan keterangan yang diminta. Formulir ini bisa didapatkan secara langsung dengan menemui customer service bank Mandiri terdekat anda, atau bisa juga mengisi formulir online yang berada pada website resmi bank Mandiri. Anda harus mengisi formulir pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan tersebut dengan data yang valid, karena nantinya data yang diberikan akan dicek oleh pihak bank dan dicari kebenaran dari data tersebut.

  • Melengkapi Formulir dengan Dokumen yang Diperlukan

Di dalam formulir, anda diminta untuk melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan dalam pengajuan kredit tanpa agunan. Dokumen tersebut diantaranya fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik sendiri. Apabila anda telah memiliki istri atau suami, anda juga harus melampirkan fotokopi KTP milik pasangan anda. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan fotokopi dari Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku sampai sekarang. Anda juga harus menunjukkan bukti penerimaan penghasilan berupa slip gaji, bukti ini dapat menunjukkan bahwa anda memiliki pekrjaan tetap dan menerima gaji sesuai dengan syarat gaji minimal.

Dokumen lain yang harus anda lampirkan adalah fotokopi dari transaksi 3 bulan terakhir yang ada di buku rekening Mandiri, atau bisa juga melampirkan hasil print dari rekening Koran penghasilan yang asli selama 3 bulan terakhir. Kemudian anda juga harus melampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, hal ini digunakan untuk membuktikan, bahwa anda mempunyai catatan transaksi yang baik dan catatan kredit yang baik pula.

  • Sanggup Membayar Biaya Resiko

Syarat lain dari pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan dari bank Mandiri ini adalah sanggup membayar resiko, apabila suatu saat terjadi masalah dalam pembayaran angsuran. Biaya resiko ini berupa biaya provisi sebesar 3% dari semua jumlah loan, serta membayar biaya pelunasan yang dipercepat sebesar 5%. Selain itu, anda juga akan dikenakan biaya 2% apabila suatu ketika anda terlambat membayar angsuran.

Simulasi KTA MANDIRI

Berikut ini saya hadirkan simulai KTA Mandiri baik KTA Mandiri Payroll maupun KTA Mandiri Reduler.

Tabel Angsuran KTA Mandiri Payroll

KTA mandiri Payroll menggunakan sistem potong gaji otomatis. Hal ini dimungkinkan bagi karyawan yang sistem penyaluran gajinya dilakukan melalui perbankan. Dalam hal ini, pihak perusahaan telah bekerja sama dengan bank Mandiri dalam sistem penggajian karyawan yang mana gaji karyawan dibayarkan secara otomatis melalui rekening tabungan Bank Mandiri.

bagi anda yang tercatat sebagai nasabah mandiri payroll, anda akan dikenakan bunga yang lebih rendah daripada jenis pinjaman tanpa jaminan KTA Mandiri reguler. Berikut ini tabel KTA Mandiri Payroll :

TABEL KTA MANDIRI PAYROLL
TABEL KTA MANDIRI PAYROLL

Tabel angsuran KTA Mandiri Reguler

Kta Mandiri Reguler diperuntukkan bagi anda yang tidak terdaftar sebagai nasabah Mandiri Payroll. Sehingga, ketika anda ingin membayar tagihan atau angsuran bank Mandiri, anda harus melakukan transfer ke rekening bank Mandiri seperti yang telah ditentukan.

Berikut ini tabel angsuran KTA Mandiri Reguler

tabel angsuran KTA Mandiri Reguler
tabel angsuran KTA Mandiri Reguler

Apabila anda telah memenuhi semua persyaratan pinjaman tanpa agunan dari bank Mandiri tersebut, kemungkinan pengajuan pinjaman anda diterima akan semakin besar. Namun, anda tetap perlu membayar angsurang secara rutin setiap bulannya. Semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Hanya menulis dengan sederhana. Sesederhana pena menari menuliskan kata - kata. bagaimanapun, ada kekuatan dari setiap kata kata.

4 thoughts on “KREDIT TANPA AGUNAN (KTA) BANK MANDIRI, APA SYARATNYA?

      1. Kalau pengajuan minggu ini, kecil kemungkinan untuk cair sebelum lebaran karena akan menghadapi cuti lebaran yang berrti sistem akan dihentikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *