Pengertian Tabungan Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Tabungan adalah sebagian pendapatan yang disisihkan dan tidak dikonsumsi yang biasanya disimpan melalui satu bank tertentu dengan tujuan untuk persiapan investasi dimasa yang akan datang. Tabungan ini termasuk investasi yang sangat penting bagi sebagian orang, karena dengan memiliki tabungan kita sudah mempunyai persiapan untuk masa depan.

Pengertian Tabungan

Pengertian tabungan juga dicantumkan dalam Undang-undang Negara Republik Indonesia No 10 Tahun 1998 yang berhubungan dengan perbankan. Biasanya ada beberapa tujuan, mengapa nasabah memilih menabung, salah satunya menabung dipilih sebagai hasil penyisihan dari hasil pendapatan untuk cadangan atau simpanan di masa depan.

Menurut para ahli, minimal tabungan yang teralokasikan dalam suatu negara adalah sebesar 32%. Sementara Indonesia masih berada di angka 20%. Inilah mengapa kemudian perbankan Indonesia melalui kerja sama antara BI dengan 74 Bank di Indonesia mengadakan program Tabunganku yang bebas biaya administrasi dan mudah.

pengertian tabungan

Manfaat tabungan

Jika kita sudah mengetahui bagaimana pentingnya memiliki tabungan, beragam manfaat yang lain juga akan anda dapatkan, apalagi jika anda memilih menabung di suatu bank tertentu. Selain uang anda aman dan mendapatkan bunga, biasanya ada beragam hadiah juga yang telah disiapkan oleh bank untuk para nasabahnya.

Ada beberapa manfaat ketika kita memilih untuk menabung, selain gaya hidup menjadi lebih hemat, bekal dan simpanan atau cadangan untuk persiapan di masa yang akan datang pun sudah disiapkan dengan matang. Ada beberapa manfaat lain dari tabungan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pengelolaan uang lebih terkendali dan terkontrol

Manfaat yang pertama adalah dengan menabung, pengelolaan uang untuk setiap bulannya dari sebagian pendapatan anda akan lebih terkendali dan terkontrol dengan baik, karena anda tidak akan menghabiskan seluruh uang anda untuk keperluan yang tidak penting, namun anda akan menyisihkan sebagiannya lagi untuk menabung.

  1. Investasi penting dimasa yang akan datang

Banyak yang sudah menyadari bahwa tabungan adalah investasi yang penting untuk masa depan anda. Dengan memiliki tabungan anda sudah mempunyai persiapan untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang nanti. Apalagi, untuk setiap tahunnya biaya untuk kebutuhan hidup semakin meningkat.

  1. Menghindari kebiasaan berhutang

Pada saat akan biaya untuk kebutuhan hidup semakin meningkat namun anda tidak memiliki biaya yang cukup, biasanya jalan yang ditempuh sebagai solusinya adalah berhutang, entah melalui bank atau perseorangan. Namun, jika anda memiliki tabungan, anda tidak akan memilih jalan keluar tersebut.

Baca juga : Tabunganku BRI, tanpa biaya administrasi lho !!!

Keuntungan Menabung di Bank

Ada beberapa pilihan dalam hal mengelola tabungan anda, anda bisa menabungnya secara kolektif melalui perseorangan (biasanya di suatu daerah yang jauh dari perkotaan) atau melalui bank-bank yang tersedia. Tetapi biasanya, kebanyakan orang lebih memilih bank sebagai tempat menyimpan uang dan tabungannya, karena lebih aman, mudah dan praktis.

Selain itu ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika anda memilih untuk menabung di bank-bank yang ada di Indonesia, seperti BRI, BNI, BCA atau masih banyak bank lainnya. Keuntungan itu diantanya adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat bunga dan beragam hadiah

Bunga atau yang biasa disebut juga bagi hasil adalah istilah yang biasa digunakan untuk keuntungan yang didapatkan para nasabah yang dihitung berdasarkan persentase dari besarnya jumlah tabungan. Biasanya semakin besar tabungan anda, akan semakin besar pula bunga yang didapat dan kemungkinan memenangkan hadiah semakin besar juga.

  1. Adanya sarana penarikan tabungan

Selain anda akan mendapatkan bunga, uang yang sudah anda tabungkan juga bisa ditarik kembali jika sewaktu waktu anda membutuhkannya dalam keadaan darurat. Tetapi biasanya, ada pemotongan biaya untuk setiap penarikan tabungan yang dilakukan. Besar dari pemotongannya tergantung dari setiap kebijakan bank yang bersangkutan.

  1. Lebih aman dan mudah

Dengan memilih menabung di bank, anda sudah dapat melindungi uang anda dari berbagai kemungkinan hal-hal buruk yang akan menimpa uang anda, karena sudah ada lembaga yang bertugas menjamin simpanan anda di suatu bank. Selain itu, anda akan mendapat kemudahan dalam mengontrol pemasukan anda dari uang penghasilan yang anda dapatkan.

Jenis jenis tabungan

pengertian tabungan menurut para ahli

Ketika sudah mengetahui apa pengertian dari tabungan dan manfaat yang akan anda dapatkan setelahnya, kini anda tinggal menentukan, jenis tabungan mana yang akan anda pilih, karena sebagian bank menyelenggarakan beberapa jenis tabungan dengan kelebihan dan kekurangan pada setiap jenisnya.

Dari definisi tabungan yang sudah dijelaskan di atas, tabungan ini dibedakan menjadi beberapa jenis. Pada umumnya, ada beberapa jenis tabungan yang diselenggarakan oleh bank-bank yang ada di Indonesia, diantaranya adalah :

  1. Tabungan Pembangunan Nasional atau disingkat dengan Tabanas

Tabungan jenis ini biasanya terdiri dari tabungan umum atau perorangan, tabungan pegawai dan tabungan pelajar yang biasanya dikelola secara kolektif melalui organisasi yang ada di sekolah-sekolah dan organisasi pemuda lainnya. Tabungan pembangunan nasional ini diatur untuk pertama kalinya pada tahun 1971.

  1. Tabungan Asuransi Jiwa atau disingkat dengan Taska

Sebuah perusahan atau para pegawai negeri sipil atau sebuah perusahaan yang dimana pegawainya mempunyai resiko tinggi untuk terjadi kecelakaan, biasanya selalu memfasilitasi para pegawainya dengan asuransi jiwa yang disimpan dalam bentuk tabungan asuransi jiwa.

  1. Tabungan Haji atau Ongkos Naik Haji

Tabungan ini biasanya diperuntukan para calon jemaah haji untuk mempersiapkan dana atau biaya yang diperlukan untuk keperluan haji nanti. Ketetapan tabungan haji ini pertama kali ditetapkan dalam Kepres tahun 1969. Untuk besarannya, biasanya dalam suatu bank sudah mempunyai kebijakan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Perhatikan Bank Tempat Anda Menabung

Jika ditarik sedikit kesimpulan, Pengertian tabungan adalah simpanan atau cadangan dana yang dipersiapkan untuk masa yang akan datang nantinya. Namun, anda harus ingat, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika anda memilih untuk menabung di bank, hal yang perlu diperhatikan itu adalah :

  1. Terdaftar sebagai anggota LPS

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah, bank tersebut harus sudah terdaftar sebagai anggota dari LPS atau lembaga penjamin simpanan. Lembaga ini berfungsi melindungi uang anda dari hal-hal buruk yang terjadi pada bank, misalkan bank tersebut tiba-tiba tutup atau mengalami gangguan lainnya, dengan nominal yang telah ditentukan.

  1. Perhitungan bunga

Biasanya beberapa bank telah menentukan berapa besarnya bunga yang akan anda dapatkan dalam jangka waktu tertentu, namun perubahan suku bunga juga bisa mengalami perubahan yang tidak disangka sebelumnya. Maka dari itu, anda harus menanyakan terlebih dahulu bagaimana metode perhitungan bunga yang ditetapkan pada bank tersebut.

  1. Pajak yang dikenakan

Dari besarnya bunga tabungan, biasanya juga akan mempengaruhi besarnya pajak yang dikenakan untuk para nasabah. Di awal pembuatan rekening anda, tanyakan terlebih dahulu mengenai jumlah pajak yang akan dikenakan dari besarnya bunga yang didapat, karena jika jumlah yang pajak yang dikenakan tinggi, itu juga akan merugikan kita selaku nasabah.

Sekarang, kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian tabungan adalah salah satu cara yang bisa kita pilih untuk persiapan di masa yang akan datang. Karena dengan mempunyai tabungan, kita sudah menghindari gaya hidup yang boros karena menghabiskan uang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Gambar Gravatar
Hanya menulis dengan sederhana. Sesederhana pena menari menuliskan kata - kata. bagaimanapun, ada kekuatan dari setiap kata kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *