Pinjaman Uang di Bank Bri sering Di Tolak? Ini Solusinya

Posted on
 Pinjam Uang di Bank BRI agar Diterima
Pinjam Uang di Bank BRI harus tepat

 

Pinjam uang di Bank Bri adalah salah satu solusi ketika mengalami kesulitan keuangan. Meminjam uang di bank BRI bisa menggunakan agunan maupun tidak. Penggunaan jaminan untuk pinjaman bank bri biasanya diperuntukkan bagi jenis pinjaman uang yang berskala besar atau pribadi untuk kebutuhan konsumtif. Namun, meskipun memiliki agunan, Pihak Bank BRI belum tentu menyetuji pinjaman yang anda ajukan.

Agar pinjaman uang anda bisa diterima oleh Bank Rakyat Indonesia, langkah pertama anda harus mengetahui sebab – sebab mengapa pinjaman kamu ditolak. Admin telah meneliti beberapa sebab mengapa pinjaman uang di Bank BRI memiliki kemungkinan di tolak :

Alasan Pinjam Uang Di BRI di tolak

  1. Masuk Black List
    Di jaman era digital ini, proses transfer informasi dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik meskipun dengan jarak yang sangat jauh. Begitu pula dalam dunia perbankan. Dengan sistem perbankan yang kini sudah sangat canggih menggunakan jaringan internet, data – data dapat dikirimkan maupun diterima dengan cepat sehingga pihak bank dapat saling melakukan checking terhadap informasi yang dibutuhkan.Sebagai salah satu cara untuk meminimalisir pinjaman dengan pengembalian yang buruk, terdapat Sistem Informasi Debitur (SID) yang dapat digunakan suatu bank sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan terkait persetujuan pinjaman. Pihak bank dapat melihat riwayat pinjaman calon debitur dengan mudah melalui SID. Dengan SID inilah, Bank akan melihat riwayat pinjaman anda, apakah pernah sering terjadi pengembalian yang terlambat atau penyitaan barang karena anda tak sanggup mengembalikan uang dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.

    Dengan sistem ini, bank Рbank dapat bekerja sama dalam berbagi informasi terkait beberapa debitur yang memiliki reputasi buruk. Dahulu, SID disebut dengan BI Checking. Kini, setelah munculnya Sistem  Layanan Informasi Keuangan (SLIK), SID tersebut dikelola oleh OJK. Jika reputasi anda dianggap buruk, maka dimanapun anda pinjam uang di bank yang sudah terintegrasi dengan sistem ini, pinjaman uang anda juga akan ditolak. Hal ini termasuk saat anda pinjam uang di Bank BRI.

    Jadi, sebelum anda meminjam uang di bank BRI, pastikan bahwa anda tidak masuk di Black List perbankan. Untuk cek apakah anda termasuk orang yang di black list, anda bisa menanyakannya ke kantor cabang OJK di kotamu.

  2. Tidak memenuhi persyaratan
    Sebab lain mengapa pinjaman uang anda ditolak adalah karena anda tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh masing – masing program. Setiap produk Pinjaman bank BRI, memiliki persyaratan yang berbeda – beda. Sebagai contoh adalah KUR BRI, persyaratan KUR BRI adalah UKM yang dinilai produktif dan telah berjalan dalam masa waktu tertentu. Jika anda mengajukan bantuan pribadi untuk kebutuhan konsumtif kepada KUR BRI, maka besar kemungkinan anda akan ditolak.Persyaratan lain yang perlu difikirkan bukan hanya berkaitan dengan kategori bidang pinjaman namun juga agunan. Untuk produk pinjaman bank BRI seperti KUPEDES, anda harus menyertakan agunan berupa kendaraan bermotor atau sertifikat rumah. Tanpa agunan, pengajuan KUPEDES akan ditolak.

    Bagaimana dengan pinjaman tanpa agunan BRI? Syarat pinjaman bank BRI yang tidak menggunakan jaminan ditetapkan sesuai dengan gaji yang diterima setiap bulannya. Jika anda tidak memiliki gaji tetap, saya sarankan untuk tidak meminjam jenis pinjaman uang ini.

  3. Kondisi keuangan
    Mengapa pihak Bank perlu survey ke rumah calon debitur? jawabannya ialah karena syarat formal tidak cukup untuk meyakinkan bank untuk mencairkan pinjaman. Pihak bank masih akan memverifikasi kondisi rumah anda, bahkan seringkali terdapat beberapa surveyor bank menanyakan kondisi ekonomi kepada tetangga kita tanpa kita ketahui.

Dari beberapa sebab mengapa pinjam uang di bank BRI ditolak, apakah anda termasuk di dalamnya? Jika iya, kemungkinan besar pinjaman anda akan ditolak. Berikut ini, adalah solusi agar Pinjaman uang ke BRI anda dapat diterima diantaranya :

Cara Pinjam Uang di Bank BRI agar diterima

  1. Pastikan reputasi pinjaman anda
    Melalui sistem SLIK yang kini dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ), baik pihak Bank maupun calon debitur akan lebih mudah dalam mengakses kemungkinan diterimanya suatu pinjaman. Jika anda pernah meminjam uang di bank BRI, untuk memastikan apakah anda masuk di daftar backlist atau tidak, silahkan anda minta IDEB atau Informasi Debitur.Untuk mendapatkan IDEB, anda harus mendatangi kantor cabang terdekat di kota anda karena IDEB tidak dapat diperoleh melalui Online. Berikut ini contoh IDEB yang bisa anda peroleh.

    Contoh IDEB
    Contoh IDEB dari SLIK ( sumber : cermati.com )

    2. Tentukan Pinjaman Sesuai Kondisi anda
    Mengajukan pinjaman juga harus melihat pada kondisi keuangan anda dan jenis pinjaman yang sesuai. Untuk anda yang kondisi keuangan tidak menentu atau tidak memiliki gaji pokok, anda bisa mengajukan pinjaman yang menggunakan agunan.

    Jika anda telah bekerja lama di sebuah perusahaan serta memiliki gaji tetap sesuai dengan standar minimum yang ditetapkan oleh Bank. Maka, anda bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan BRI ( KTA BRI ) yang kini disebut juga dengan BRIGUNA.

    Nah, untuk anda yang ingin memperbesar usaha anda, anda bisa mengajukan KUR BRI yang memiliki bunga pinjaman bank hanya 7%. KUR BRI sangat diminati karena biaya bunga pinjaman yang sangat rendah apabila dibandingkan dengan jenis pinjaman bank lainnya.

Demikian adalah solusi agar pinjaman anda dapat diterima oleh pihak bank. Terdapat cara lain agar pinjam uang di bank BRI dapat diterima yaitu dengan mendekati Surveyor atau mantri bank. Mantri bank adalah petugas survey yang nantinya akan menentukan apakah anda layak atau tidak untuk mendapatkan pinjaman uang di bank BRI.

Cara ini sangat baik, namun tidak direkomendasikan karena dikhawatirkan anda akan mengalami hambatan ketika mengembalikan uang sehingga reputasi debitur menjadi buruk. Ketika reputasi debitur buruk, anda akan kesulitan dalam mengajukan pinjaman bank dimasa yang akan datang.

Yang terbaik yang bisa anda lakukan saat pinjam uang di bank BRI adalah dengan menyadari kondisi anda yang sekarang dan memilih jenis pinjaman yang tepat.

Gambar Gravatar
Hanya menulis dengan sederhana. Sesederhana pena menari menuliskan kata - kata. bagaimanapun, ada kekuatan dari setiap kata kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *