Pinjaman dana tanpa agunan
Pinjaman dana tanpa agunan

Pinjaman Dana Tanpa Agunan? Ini Kekurangan dan Kelebihannya

Posted on

Pinjaman dana tanpa agunan | Kebutuhan setiap orang saat ini semakin kompleks, kebutuhan tersebut sangat bervariasi mulai dari kebutuhan pokok sampai dengan kebutuhan yang hanya sebagai prestise. Untuk memenuhi kebutuhan yang beragam tersebut, tentunya dibutuhkan dana yang cukup. Namun bagaimana jika kita sendiri sedang dalam keadaan keuangan yang kritis? Solusi satu-satunya adalah dengan melalukan pinjaman pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat, untuk meminimalisir beban. Salah satu produk yang bisa anda gunakan adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Kredit Tanpa Agunan atau bisa disebut dengan KTA merupakan produk yang dikeluarkan oleh beberapa perbankan, tujuannya untuk membantu kebutuhan dana nasabah baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan usaha. Pinjaman tanpa jaminan ini pastinya membuat masyarakat tertarik untuk menggunakannya, karena produk ini juga menawarkan kemudahan lain seperti pinjaman cepat cair. Persyaratan pinjaman ini berbeda-beda untuk setiap perbankan, sehingga anda perlu mencari terlebih dahulu segala informasi mengenai pinjaman uang tunai pribadi tersebut.

Produk Kredit Tanpa Agunan yang ditawarkan oleh beberapa perbankan memang cukup menggiurkan, karena fasilitasnya sangat memudahkan nasabah dalam melakukan pinjaman. Namun sebelum berniat untuk mengajukan pinjaman tersebut, sebaiknya anda mengetahui dulu segala informasi mengenai KTA tersebut, salah satunya adalah mengetahui kekurangan dan kelebihannya.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Setiap produk yang dikeluarkan dari perbankan pastinya memiliki kekurangan, salah satunya adalah kekurangan yang dimiliki oleh produk KTA ini. Kekurangan tersebut bisa saja mengurungkan niat anda untuk melakukan pengajuan pinjaman, karena ada beberapa fasilitas atau ketentuan yang tidak sesuai dengan kondisi anda. Berikut beberapa kekurangan dari KTA tersebut.

  • Suku Bunga yang Cukup Tinggi

Kekurangan pertama dari produk KTA ini adalah memiliki suku bunga yang cukup tinggi, dimana hal ini merupakan salah satu konsekuensi dari ditiadakannya jaminan.

Besar suku bunga yang cukup tinggi mungkin dapat diterima oleh setiap nasabah, karena biasanya nasabah menyadari konsekuensi dari ditiadakannya jaminan tersebut. Namun dengan suku bunga yang cukup tinggi tersebut pastinya akan menambah beban anda, karena jumlah hutang anda akan bertambah semakin banyak.

Memang pihak bank tidak dapat menyita barang-barang berharga anda, namun pihak bank akan terus menagih apabila terjadi kredit macet. Bahkan, anda akan mengalami proses hukum apabila telah mengalami kredit macet yang parah. Suku bunga ini biasanya bersifat tetap atau flat setiap pembayaran angsuran, namun besarnya berbeda-beda tergantung ketentuan dari pihak perbankan. Sedangkan untuk besar suku bunga KTA yang umum, biasanya bisa mencapai 2,5%.

  • Tenor dan Plafon Terbatas

Kekurangan kedua dari pinjaman dana tanpa agunan ini adalah jumlah tenor dan plafon yang terbatas, hal ini tentunya tidak cocok bagi anda yang ingin meminjam uang dalam jumlah yang sangat besar. Karena KTA sendiri tidak memerlukan jaminan, sehingga pihak bank juga meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan membatasi jumlah tenor dan plafon tersebut. Lama tenor yang diberikan biasanya mencapai 1 sampai 5 tahun, tergantung dari banyaknya uang yang dipinjam.

Sedangkan untuk besar plafon paling besar mencapai Rp 300 juta, sehingga bagi anda yang membutuhkan dana lebih dari nominal tersebut bisa beralih kepada pinjaman dengan jaminan rumah, mobil, ataupun lainnya yang harganya senilai. Dengan lama tenor sampai 5 tahun tersebut, tentunya anda harus mempersiapkan dana yang lebih untuk membayar angsuran. Karena semakin lama tenor dan besar plafon, semakin besar pula nominal angsuran pinjaman setiap bulannya karena besar angsuran selalu ditambah dengan bunga setiap bulannya.

  • Berlakunya Pengenaan Denda

Apabila anda berencana untuk melakukan pelunasan lebih cepat sebelum jatuh tempo, maka pihak bank akan memberikan denda kepada anda. Hal ini dikarenakan, pelunasan dengan cepat akan merubah perhitungan awal pinjaman beserta bunga yang diberikan oleh bank. Pelunasan lebih cepat akan membuat perhitungan awal menjadi lebih sedikit, sehingga anda akan mendapati nominal yang berbeda saat melakukan pelunasan sebelum jangka waktu berakhir.

  • Pinjaman Diberikan Berdasarkan Penghasilan dan Status Pekerjaan

Kekurangan terakhir dari KTA ini adalah pihak bank yang menawarkan KTA tersebut, hanya memberikan pinjaman kepada nasabah yang mempunyai pekerjaan tetap, karyawan tetap, nasabah yang mempunyai usaha tetap, dan pegawai tetap yang berpenghasilan setiap bulan minimal Rp 2 juta. Jarang sekali bank yang memberikan pinjaman bagi yang tidak memiliki usaha tetap, karena memang syarat tersebut yang menjadi jaminan bagi pihak bank untuk mempercayai pinjamannya pada nasabah.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Selain memiliki kekurangan, produk KTA juga memiliki kelebihan yang mungkin dapat membuat anda tertarik untuk melakukan pengajuan pinjaman. Berikut ulasan dari beberapa kelebihan Kredit Tanpa Agunan (KTA) tersebut.

  • Pinjaman Dana Tanpa Agunan

Kelebihan dari produk ini mungkin sudah sangat jelas yakni memberikan pinjaman tanpa adanya jaminan, sehingga nasabah akan percaya untuk mengajukan pinjaman pada perbankan tersebut. Dengan menggunakan produk pinjaman ini, anda tidak perlu khawatir mengenai barang-barang berharga anda akan disita oleh pihak bank apabila terjadi kemacetan kredit. Namun, anda tetap harus rajin membayar angsuran setiap bulan dengan besar uang yang telah disepakati, karena pihak bank akan mempercayai anda apabila pembayaran berjalan lancar. Jika suatu hari terjadi kredit macet dan berlangsung sangat parah sampai berbulan-bulan, pihak bank akan mengatasi masalah ini dengan melaporkan masalah tersebut kepada Bank Indonesia (BI) untuk kemudian ditindaklanjuti secara hokum.

  • Dana Pinjaman yang Bebas Digunakan untuk Segala Keperluan

Kelebihan KTA yang kedua yaitu dana yang dipinjam dapat anda gunakan untuk semua keperluan, baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan usaha. Tentunya pihak bank sangat membebaskan penggunaan dana pinjaman tersebut, sehingga tidak ada larangan apabila pinjaman digunakan untuk keperluan pribadi seperti membeli mobil, biaya pendidikan anak atau cucu, biaya pernikahan, biaya pembangunan rumah, dan biaya-biaya pribadi lainnya. Kebebasan yang konsumtif ini sangatlah menguntungkan, namun anda tetap harus memperhatikan angsuran setiap bulannya agar tidak terjadi masalah karena kredit macet.

  • Proses yang Cepat

Kelebihan pinjaman dana tanpa agunan yang ketiga yakni prosesnya yang cepat, mulai dari pengajuan sampai dengan pencairan dana. Bahkan anda dapat melakukan pengajuan pinjaman dengan mudah secara online, tanpa harus menunggu antrian lama di bank. Anda hanya perlu mengisi formulir yang ada di website penyedia KTA tersebut, lalu melengkapi semua persyaratan yang diperlukan. Setelah itu, pihak bank akan melakukan survey, untuk memastikan kebenaran data yang anda berikan.

Apabila pengajuan anda telah dikonfirmasi dan diterima oleh pihak bank, langkah selanjutnya adalah menunggu proses pencairan uang pinjaman. Proses pencairan ini tidak akan memakan waktu lama, anda hanya perlu menunggu waktu kurang seminggu maka dana yang anda pinjam akan segera masuk ke rekening yang dicantumkan dalam pengajuan. Setelah itu, anda hanya perlu membayar angsuran sesuai dengan kesepakatan dengan pihak bank.

Informasi mengenai kekurangan dan kelebihan dari pinjaman dana tanpa agunan ini, dapat meyakinkan anda untuk melakukan pinjaman atau bahkan mengurungkan niat untuk melakukan pengajuan. Anda hanya perlu menentukannya dengan bijak. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Hanya menulis dengan sederhana. Sesederhana pena menari menuliskan kata - kata. bagaimanapun, ada kekuatan dari setiap kata kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *