Tabungan Berjangka BRI
Tabungan Berjangka BRI

Syarat dan Kelebihan Tabungan Berjangka BRI, Solusi Terbaik Impian Anda

Posted on

Tabungan berjangka BRI adalah tabungan investasi sebagai solusi keperluan masa depan anda yang disediakan oleh bank BRI. Nama Produk ini adalah Britama Rencana. Kelebihan Tabungan BRItama rencana dapat diurai diantaranya memiliki bunga yang lebih tinggi, besaran tabungan yang fleksibel serta dapat menentukan lama masa menabung sesuai keinginan.

Bank lain pun telah mengeluarkan produk yang sama seperti Tabungan berjangka BCA, Tabungan berjangka Mandiri. Tabungan berjangka BNI atau produk sejenis dari bank lainnya. Hampir semua produk tabungan berjangka yang ditawarkan adalah sama, perbedaannya biasanya ada pada mekanisme syarat atau besaran setoran awal. Berikut ini, akan kita bahas khusus tentang tabungan berjangka BRI sebagai bahan perbandingan anda dalam menentukan tabungan rencana yang terbaik.

Tabungan berjangka BRI

Tabungan berjangka atau sering pula disebut sebagai tabungan rencana, merupakan jenis tabungan yang memiliki perbedaan dengan tabungan biasa. Pada tabungan biasa, anda bisa menabung dengan bebas, besaran tabungan tidak ditentukan jumlahnya dan pengambilan pun tidak dibatasi kapan waktunya. Sementara, untuk tabungan berjangka, anda memiliki besaran jumlah tabungan yang harus disetorkan dan pengambilannya pun hanya bisa di ambil sesuai dengan kesepakatan awal yang telah anda tentukan pada awal membuka tabungan rencana.

Analogi paling mudah adalah seperti mengangsur mobil yang membutuhkan dana besar, pada sistem kredit mobil, anda mendapatkan mobil dahulu lalu membayar angsuran. Sementara, Tabungan berjangka membantu anda untuk membeli mobil secara tunai, caranya dengan memaksa anda untuk menabung uang dengan nominal tertentu dan masa tertentu agar anda dapat membeli mobil tersebut sesuai dengan target waktu yang anda tentukan.

Tabungan berjangka BRI memiliki penggambaran seperti di atas, tidak hanya mobil, anda juga bisa mengajukan tabungan berjangka BRI untuk keperluan pendidikan. Tabungan Pendidikan BRI 2018 memberi anda keleluasaan untuk mempersiapkan kebutuhan pendidikan anak anda. Misalkan setahun lagi anak anda akan masuk perguruan tinggi yang tentunya membutuhkan modal besar, maka dengan tabungan pendidikan BRI, anda bisa mempersiapkannya dengan menabung di tabungan berjangka BRI.

Dengan asumsi bahwa anda membutuhkan dana sekitar Rp 12.000.000 tahun depan. Maka anda bisa membuka tabungan berjangka BRI dengan masa waktu satu tahun dan besaran tabungan adalah Rp 1.000.000,- / bulan. Sehingga ketika pada masa satu tahun nanti, jumlah tabungan anda sudah mencapai Rp 12.000.000 yang mana akan anda gunakan sebagai tabungan pendidikan anak anda.

Tabungan Berjangka Britama Rencana

Produk tabungan berjangka BRI dikenal sebagai Britama rencana. Untuk dapat menikmati fasiltitas tabungan Berjangka Britama BRI, anda diharuskan memiliki rekening tabungan BRI baik Simpedes, Britama maupun Giro.

Tabungan tersebut nantinya akan menjadi saldo otomatis anda. Ketika pada masa anda harus menabung di tabungan berjangka, saldo anda yang ada di tabungan Simpedes, Britama atau Giro,  akan secara otomatis terpotong untuk mengisi tabungan berjangka. Ini dimaksudkan agar anda benar – benar mencapai nominal tabungan sesuai target anda.

Syarat Mengajukan Tabungan Berjangka BRI

  1. Calon nasabah adalah perorangan yang  memiliki usia minimal 17 tahun dan maksimal adalah 64 tahun
  2. mempunya rekening tabungan produk Simpedes, Britama atau Giro. Tabungan ini untuk sumber dana tabungan berjangka anda.
  3. Menyertakan identitas diri seperti KTP ( untuk WNI ) dan Pasport, KIMS, KITAP/KITAS ( Untuk WNA)
  4. Mengisi formulir pendaftaran buka rekening BRI Tabungan berjangka
  5. Untuk membuka tabungan berjangka BRI, anda hanya dapat membukanya di kantor cabang sesuai KTP. Jika pendaftaran di luar wilayah sesuai yang tertera di KTP, maka anda harus menyertakan dokumen tambahan iaitu surat keterangan domisili dari pemerintahan desa setempat.

Kententuan dan Cara menabung Tabungan berjangka BRI

  1. Setoran awal minimum Rp 100.000
  2. Besaran setoran selanjutnya minimal Rp 100.000,-
  3. Tenor (jangka waktu ) minimal 1 tahun dan paling lama 20 tahun
  4. Anda bisa menyetorkan dana dengan cara mendatangi langsung kantor cabang, atau menggunaka automatic payment yaitu dengan memotong secara otomatis rekening tabungan anda.

Kelebihan Tabungan berjangka BRI

  1. Bebas menentukan besaran tabungan mulai dari Rp 100.000
  2. Bebas menentukan masa waktu sesuai dengan kemampuan anda dengan aturan minimal 1 tahun dan maksimal 20 tahun
  3. Kantor cabang tersedia diseluruh pelosok negeri sehingga memudahkan akses
  4. Bebas biaya administrasi
  5. Bebas biaya lain seperti penutupan rekening, pelunasan dipercepat atau saldo dibawah minimum
  6. Mendapatkan laporan mutasi setiap 3 bulan
  7. Praktis dapat membayar melalui rekening tabungan Simpedes, Britama atau giro secara otomatis
  8. Bunga Tabungan lumayan besar yaitu 3,25%
  9. Mendapatkan asuransi jiwa hingga 1 Milyar

Simulasi Tabungan Berjangka BRI

Contoh 1 :
Anda akan menikah dua tahun lagi dengan asumsi biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 24.000.000,- . Dengan masa waktu 24 bulan ( 2 tahun ) dan dana yang dibutuhkan adalah Rp 24.000.000,- maka anda harus menabung Rp 1.000.000 / bulan. Pada masa waktu 2 tahun nanti, uang yang akan anda dapatkan adalah sebesar Rp 48.462.823. Rp 48 juta adalah tabungan pokok anda, sementara Rp 462.823 merupkan bunga tabngan.

Contoh 2

Anda ingin membangun sebuah rumah yang membutuhkan dana sebesar Rp 48.000.000 dengan target waktu  3 tahun. Anda bisa menentukan jangka waktu dan besaran jumlah tabungan anda setiap bulannya dengan membagi Rp 48.000.000 dengan 36 bulan sehingga didapatkan jumlah tabungan anda minimal adalah Rp 1.333.333 yang apabila dibulatkan maka Rp 1.333.4000.

Pada masa pengambilan tabungan anda akan menjadi Rp48.706.645

Tabungan Pendidikan BRI

Selain produk tabungan berjangka, BRI juga meluncurkan produk tabungan khusus untuk pendidikan yang bernama junio. Tabungan rencana BRI untuk keperluan pendidikan ini sangat tepat bagi anda orang tua yang peduli pada pendidikan andak.

Tabungan rencana Pendidikan BRI memang dikhususkan untuk melayani keperluan pendidikan, target pasar adalah para siswa dan orang tua. Karenanya, untuk membuka rekening BRI tabungan pendidikan, anda akan disesuaikan menurut umur anda.

jika anda merupakan orang tua, anda dapat membuka rekening untuk anda sementara bagi pelajar di bawah umur 17 tahun, anda dapat membuka rekening BRI dengan persyaratan :

  • Calon nasabah merupakan anak dari orang tua yang menjadi nasabah tabungan BRI seperti Simpedes.
  • Melengkapi isian formulir pembukaan rekening
  • membawa Kartu Keluarga atauAkte Kelahiran
  • Membayar setoran awal sebesar Rp 250.000,-

Gambar Gravatar
Hanya menulis dengan sederhana. Sesederhana pena menari menuliskan kata - kata. bagaimanapun, ada kekuatan dari setiap kata kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *