Syarat, Ketentuan dan Keunggulan Tabungan Haji BRI

Posted on

Tabungan Haji BRI | Dengan mayoritas masyarakat Indonesia yang memeluk agama islam, pastinya sangat besar keinginan mereka untuk beribadah serta menginjakan kakinya di tanah suci. Akan tetapi tidak setiap orang memiliki biaya oleh karena itu diadakannya produk tabungan haji BRI, ataupun tabungan haji BNI dan tabungan di bank lain untuk membantu masyarakat.

Untuk para umat muslim yang memiliki pendapatan yang pas- pasan setiap harinya, Tabungan Haji Yang BagusĀ  ini akan sangat bermanfaat sekali. Mereka bisa menabung dari uang yang disisihkannya setiap hari, sehingga setelah bertahun- tahun dikumpulkan mereka akan bisa terbang ke tanah suci.

TABUNGAN HAJI BRI

Sebenarnya setiap bank menyediakan tabungan haji untuk membantu mewujudkan setiap keinginan nasabah mereka yang ingin berangkat haji ataupun menunaikan umroh, produk tabungan haji yang ditawarkan oleh beberapa bank berbeda juga memiliki kelebihannya sendiri- sendiri. AdapunĀ  keunggulan Tabungan Haji BRI Syariah, sebagai berikut:

tabungan haji bri

Keunggulan Tabungan Haji BRI

  1. Setoran Awal Ringan

Hampir sama halnya dengan bank lainnya tabungan haji BRI ketika anda ingin membuka rekening untuk produk ini setoran pertama yang harus anda bayaran senilai Rp. 100.000 tetapi untuk setoran selanjutnya dibebaskan, semakin banyak maka akan lebih baik.

Tabungan haji ini tidak boleh diambil untuk keperluan lainnya, dan tabungan haji ini harus mencapai nominal Rp. 25.050.000, dan tidak perlu khawatir dengan adanya biaya administrasi karena produk tabungan haji ini dibebaskan.

  1. Transaksi Secara Online

Untuk memudahkan para nasabah, kini bank BRI memberikan fasilitas untuk melakukan transaksi menabung secara online melalui e- banking. Hal ini dilakukan agar para nasabah dapat menghemat waktu mereka dan tidak perlu berlama- lama ikut mengantri di teller.

Hal ini juga jauh lebih aman, karena bisa saja hal- hal yang tidak diinginkan terjadi seperti diincar oleh orang- orang jahat ketika akan menyetorkan uang ke bank untuk di tabung sebagai dana haji.

  1. Terdapat Dua Jenis Tabungan Haji

Setiap orang memiliki kemampuan serta keadaan ekonomi yang berbeda- beda, oleh karena itu BRI memberikan solusinya. terdapat dua jenis tabungan haji berbeda pertama adalah tabungan haji yang reguler dimana jumlah tabungan yang di target lebih sedikit.

Dan yang kedua adalah jenis tabungan haji yang khusus, tabungan ini memiliki target jumlah tabungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan haji reguler, akan tetapi sesuai dengan fasilitas serta pelayanan yang akan didapatkan nantinya.

  1. Asuransi Jiwa

Untuk anda yang mendaftar haji dan menggunakan produk tabungan haji BRI maka tidak perlu khawatir karena dilindungi dengan adanya asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan bagi para nasabahnya.

  1. Tabungan Haji Untuk Anak

Selain untuk orang dewasa produk tabungan haji BRI juga menyediakan fasilitas khusus bagi para anak- anak yang akan membuka tabungan haji, hal ini dikarenakan waktu pendaftaran haji sampai waktu berangkatnya membutuhkan waktu yang sangat lama hampir 10 tahun lebih.

Plus Minus Tabungan Haji

tabungan haji bri syariah

Dengan adanya tabungan haji ini masyarakat dapat terbantu sekali, karena bag mereka yang tidak bisa menyiapkan dana secara langsung untuk berhaji dapat menabungkannya sedikit demi sedikit sampai jumlah tabungan tersebut mencapai ongkos untuk ibadah haji.

Jika para nasabah sudah mencapai jumlah yang ditentukan, maka akan semakin cepat ia didaftarkan untuk berangkat ke mekkah. Dalam hal ini bank juga biasanya bisa memberi talangan dana, tetapi plus dan minusnya sebagai berikut:

  1. Ancaman

Ketika kita menerima talangan dana maka dana tersebut harus di kembalikan misal dalam jangka 5 tahun kedepan, ketika kita telah memperhitungkannya dan dirasa kita mampu untuk membayarnya tetapi siapa yang tahu kejadian di masa yang akan datang.

Ditakutkan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, ketika sudah melakukan ibadah haji dan anda tidak bisa melunasi semua talangan dana tersebut maka bisa saja anda dituntut dan masuk pengadilan sehingga terancam untuk dipenjarakan.

  1. Beban

Dengan menggunakan dana talangan dana dari bank memang akan membuat anda cepat pergi ke tanah suci, tetai nantinya dimasa depan akan meninggalkan beban untuk membayar setiap cicilannya setiap bulan sampai lunas.

Hal ini bisa menyebabkan tidak fokus ketika menjalani serangkaian kegiatan haji, dan membuat ibadah anda tidak tenang serta khusuk karena terfikirkan bagaimana cara untuk melunasi utang untuk berangkat haji ini.

  1. Termotivasi

Mungkin bagi sebagian orang utang akan menjadi beban dan membuat kehidupan mereka terasa tertekan bahkan bisa membuat mereka terpuruk, akan tetapi bagi sebagian orang lainnya utang ini dapat memotivasi mereka untuk lebih giat lagi bekerja.

Lebih giat lagi dalam bekerja, karena mereka berkewajiban untuk membayarkan cicilan utang talangan dana tersebut setiap bulannya. Dengan adanya perhitungan yang tepat dalam keuangan anda maka menggunakan talangan dana untuk berhaji tidak akan membuat keuangan anda menjadi memburuk di masa depan.

Tabungan Haji BRI Syariah

Naik haji sendri dalam rukun islam merupakan rukun islam kelima, dimana bisa menjalankannya ketika umat muslim dalam keadaan mampu baik secara finansial dan juga mampu secara fisik.

Biaya untuk berangkat haji pada zaman sekarang ini memang bisa dikatakan sangatlah mahal bagi para masyarakat dengan ekonomi menengah, oleh karena itu para bank mengeluarkan produk tabungan haji untu membantu masyarakat mewujudkan keinginannya pergi berhaji. Adapun ketentuan yang harus dipenuhi ketika ingin membuka tabungan haji BRI:

  1. Setoran awal Tabungan Haji BRI Syariah

Setoran awal ketika anda akan membuka rekening tabungan haji di bank BRI Syariah lebih rendah dibandingkan dengan bank lainnya, cukup dengan menyetorkan uang seniali Rp. 50.000 sudah bisa membuka rekening tabungan haji.

Selain itu kita ketahui bersama bahwa bank BRI sudah tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Indonesia sehingga para nasabah tidak perlu repot jauh- jauh ketika akan menabung ke bank di bulan- bulan selanjutnya.

  1. Melengkapi Surat Identitas Diri

Sama halnya dengan pembukaan rekening di tabungan BRI konvensional, jika anda ingin membuka tabungan haji BRI syariah anda juga harus melengkapi berbagai identitas diri yang diperlukan.

Adapun berbagai persyaratan yang harus dilengkapi dari mulai fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotocopy NPWP dan yang terakhir adalah fotocopy kartu keluarga (KK), hal ini diperlukan untuk data berkas pendaftaran haji.

  1. Biaya Administrasi

Tabungan haji BRI Syariah juga tidak ada biaya administrasi untuk setiap bulannya, dan jika ada nasabah yang memerlukan penggantian buku ada yang gratis dan ada juga yang bayar hal ini tergantung dari alasan nasabah tersebut memerlukan buku tabungan baru.

Tabungan Haji BRI maupun membuka rekening tabungan haji di bank lain sama saja karena semuanya terdaftar secara otomatis kedalam sistem di kementrian agama, yang membedakan adalah setoran awal saja.

Gambar Gravatar
Hanya menulis dengan sederhana. Sesederhana pena menari menuliskan kata - kata. bagaimanapun, ada kekuatan dari setiap kata kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *