Keuntungan Tabunganku Mandiri, Dapat kartu ATM Lho

Posted on
tabunganku mandiri
tabunganku mandiri dapat kartu ATM

Tahun ini, Bank Mandiri genap berusia 20 tahun pada 2 Oktober 1998. Bank yang didirikan pemerintah ini merupakan gabungan dari empat bank yaitu Bank Ekspor Impor Indonesia. Bank pembangunan Indonesia, Bank Bumi daya dan Bank Dagang Negara. Dengan semakin bertambahnya usia bank Mandiri, program dan produk layanan Bank Mandiri semakin langkap mulai dari pinjaman bank mandiri hingga tabungan mandiri. Di antara beberapa jenis tabungan bank Mandiri adalah tabunganku Mandiri, Tabungan Mandiri Bisnis, Tabungan Rencana Mandiri, Tabungan Reguler Mandiri termasuk pula Tabungan Haji dan Umroh.

Dari sekian jenis tabungan mandiri yang telah saya sebutkan di atas, memiliki segmentasi nasabah dan kepentingan. Nah, buat anda yang menginginkan jenis tabungan dari bank mandiri yang bebas biaya administrasi bulanan, anda bisa memilih tabunganku Mandiri sebagai pilihan yang sangat tepat untuk menyimpan uang dengan aman dan tanpa biaya admin bank dari Mandiri bank.

Seperti apa keuntungan menabung di tabunganku Mandiri? Yuk simak penjelasan tentang Mandiri Tabunganku di bawah ini :

Tabunganku Mandiri

Program tabunganku merupakan program simpanan yang diluncurkan bersama – sama oleh bank – bank Indonesia yang menargetkan kalangan bawah dengan biaya yang murah dan proses yang mudah tanpa ribet. Tidak jauh berbeda dengan program tabunganku BRI, BCA, BNI Tabunganku maupun bank swasta lainnya. Terdapat dua jenis fitur tabunganku yang melekat dari program tabunganku yaitu fitur standard dan fitur customized.

Fitur Standard adalah fitur standar yang harus diterapkan oleh bank penyelanggara produk tabunganku tak terkecuali Mandiri. sementara Fitur Cusomized adalah fasilitas atau ketentuan yang boleh dilakukan diluar ketetapan yang telah ditentukan oleh OJK atau BI. Dengan adanya kedua jenis fitur tersebut, maka produk tabunganku baik Mandiri Tabunganku, Tabunganku BRI, BCA dan bank lainnya memiliki kesamaan pada fitur standar dan berbeda – beda pada fitur customized.

Syarat Tabunganku Mandiri

Berikut ini adalah syarat untuk mengajukan pembukaan rekening mandiri tabunganku.

  1. Kartu Tanda penduduk ( KTP )
  2. Mengisi Formulir pendaftaran yang bisa didapatkan di kantor cabang setempat
  3. Menyetorkan simpanan awal sebesar Rp. 20.000,-
  4. Calon nasabah adalah Warga negara Indonesia
  5. Calon nasabah adalah pihak perorangan dan bukan gabungan atau joint income

Ketentuan Mandiri Tabunganku

  1. Bebas Biaya administrasi bulanan
  2. Setelah pembukaan rekening tabunganku, Nasabah dapat menyetorkan uang di kantor cabang mandiri tempat nasabah membuka tabungan. Selain di kantor cabang, nasabah juga dapat menyetorkan uang tabungan melalui Mandiri Penyetoran dapat dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri tempat pembukaan rekening, Mandiri Mobile atau Mandiri ATM Cash Deposit Machine.
  3. Rekening dinyatakan dorman apabila tidak ada melakukan aktifitas transaksi selama 6 bulan secara berturut-turut . Rekening tersebut nantinya akan dikenai biaya Rp. 2.000/ perbulan selama masih tidak aktif. Jika rekening berada di bawah ambang batas saldo yaitu kurang dari Rp. 20.000,-maka rekening nasahab tersebut akan ditutup.
  4. Masa berlaku Kartu TabunganKu 10 (sepuluh) tahun sejak diterbitkan, tertera pada bagian muka kartu (Valid Thru : bulan/tahun). Penggantian kartu karena habis masa berlaku tidak dikenakan biaya di Kantor Cabang Bank Mandiri tempat rekening dibuka.

Cara Penarikan Saldo Tabunganku Mandiri

Untuk menarik tabungan, anda harus melakukan beberapa hal di bawah ini

  • Nasabah harus membawa dan menyerahkan buku kepemilikan kartu tabunganku mandiri kepada teller
  • Saldo minimal tabungan yang dapat diambil adalah sebesar Rp 100.000, setiap kali melakukan transaksi
  • Penarikan hanya dapat dilakukan paling banyak 1 kali setiap bulannya, untuk penarikan saldo melebihi satu kali maka akan dikenai Rp. 5000 untuk setiap penarikan di bulan yang sama.
  • Penarikan dengan jumlah saldo kurang dari Rp. 5 juta akan dikenai tarif administrasi sebesarĀ  Rp 5.000,-

Tabunganku Mandiri Dapat kartu ATM?

Tabunganku merupakan jenis simpanan yang difokuskan untuk menabung dan bukan mengambil tabungan atau bertransaksi. Oleh karena itu, fitur kartu ATM tidak dimasukkan sebagai fitur standad atau mandatory yang harus ada di setiap tabunganku dari bank bank di indonesia. Pihak OJK dan BI menyerahkan pilihan kepada bank apakah memberi fasilitas Kartu ATM atau tidak kepada nasabah.

Mandiri tabunganku ternyata menyediakan fasilitas kartu Tabunganku yang berupa kartu ATM dengan syarat saldo minimal tabungan Rp. 500.000,-. Jik saldo tabungan telah mencapai Rp. 500.000,- maka anda dapat mengajukan permintaan kartu ATM yang dapat digunakan di ribuan ATM dengan logo Mandiri, jaringan prima, ATM bersama maupun menikmati fiturĀ Mandiri ATM Cash Deposit Machine.

Baca : Tabunganku BRI

Tabunganku Mandiri Bisa Transfer?

Sama halnya dengan tabunganku bank lain, Mandiri tabunganku tidak menyediakan fitur transfer ke rekening lain. Namun, bisa menerima transfer dari rekening lain. seperti yang telah saya jelaskan di atas, Tabunganku lebih ditujukan untuk menabung, bukan untuk transaksi realtime.

Keuntungan Tabunganku Mandiri

  1. Setoran awal hanya Rp. 20.000
  2. Syarat mudah hanya modal KTP
  3. Mendapat fasilitas Kartu Tabunganku sebagai ATM jika saldo mencapai Rp. 500.000,-

Kelemahan Mandiri Tabunganku

  1. Tidak bisa transfer ke rekening lain
  2. Untuk menarik saldo tabungan, minimal saldo yang diambil Rp. 100.000,-
  3. Menarik uang di tabungan hanya satu kali saja, selebihnya dikenai biaya Rp. 5.000
  4. Penarikan kurang dari Rp. 5.000.000 juga akan dikenai biaya Rp. 5.000 / penarikan

Tabunganku Mandiri Syariah

Bank Syariah Mandiri merupakan pengembangan yang dilakukan oleh Bank Mandiri yang menggunakan sistem atau prinsip syariah. Oleh karenanya, pada pelaksanaannya mengacu dengan sistem wadiah.

tabunganku mandiri syariah agak sedikit berbeda dengan mandiri konvensional. Berikut ini adalah fasilitas tabunganku Syariah Mandiri :

  1. Setoran awal Rp. 20.000 tanpa mendapatkan ATM dan Rp. 80.000 akan mendapatkan ATM
  2. Setoran selanjutnya minimal Rp. 10.000,-
  3. Pengambilan minimal Rp. 100.000,-
  4. Syarat mudah hanya KTP dan NPWP ( jika ada )
  5. Difasilitasi dengan Ebanking, ATM dan bonus bulanan

Dilihat dari fiturnya, Syariah Mandiri lebih menguntunkan dari pada tabunganku Mandiri konvensional. Namun, tentu pilihan ada di tangan anda.

Tabunganku Mandiri vs BCA

Dua bank besar Indonesia ini memang berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya. Baik bank Mandiri maupun Bank BCA sama sama mengeluarkan produk tabunganku, namun, keduanya berbeda dalam hal pengadaan kartu ATM. Mandiri tabunganku mempersyaratkan adanya saldo Rp. 500.000 untuk mendapatkan ATM, Sementara Tabunganku BCA tidak memberikan saldo minimum agar nasabah memiliki kartu ATM.

Masih ingin membuka tabunganku Mandiri?
Apa niat anda untuk menyimpan uang di bank mandiri melalui program tabunganku? jika anda ingin menyimpan uang tanpa berfikir untuk melakukan banyak transaksi atau penarikan, tabunganku adalah produk yang tepat untuk anda karena bebas biaya administrasi. Namun, jika ingin melakukan banyak transaksi, produk tabunganku bukan alternatif terbaik mengingat keterbatasan fasilitas untuk transfer dan pengambilan.

Gravatar Image
Hanya menulis dengan sederhana. Sesederhana pena menari menuliskan kata - kata. bagaimanapun, ada kekuatan dari setiap kata kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *